layanan PUBLIK

Tugas dan Fungsi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Tamiang

Tugas dan Fungsi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Tamiang tercantum dalam Peraturan Bupati Aceh Tamiang Nomor 44 Tahun 2020 sebagai berikut:
1. Memimpin dan membina kantor dalam pelaksanaan tugas yang ditetapkan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan kebijakan pemerintah daerah.
2. Menyiapkan kebijakan umum daerah di bidang Perpustakaan dan Arsip.
3. Menetapkan kebijakan teknis di bidang Perpustakaan dan Arsip yang menjadi tanggung jawab sesuai dengan kebijakan umum yang ditetapkan oleh Bupati.
4. Melakukan koordinasi dan kerjasama dengan instansi atau lembaga terkait lainnya di bidang perpustakaan dan kearsipan.

Untuk melaksanakan tugas tersebut Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Aceh Tamiang memiliki fungsi yaitu:
1. Pelaksanaan pengendalian urusan ketatausahaan Kantor.
2. Pelaksanaan pengendalian penyusunan program kerja jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.
3. Pelaksanaan pengendalian kebijakan teknis di bidang program pembinaan, pengembangan, akuisisi, pengolahan, penyimpanan bahan pustaka dan arsip.
4. Pelaksanaan pengendalian pengelolaan dan informasi di bidang program pembinaan, pengembangan, akuisisi, pengolahan, penyimpanan bahan pustaka dan arsip.
5. Pelaksanaan pengendalian dan pengawasan terhadap kegiatan program kerja di bidang program, pengembangan, akuisisi, pengolahan, penyimpanan bahan pustaka dan arsip
6. Pelaksanaan pemantauan, monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan di bidang program pembinaan, pengembangan, akuisisi, pengolahan, penyimpanan bahan pustaka dan arsip.
7. Pelaksanaan pengendalian pelayanan rekomendasi dan pelayanan umum di bidang program pembinaan, pengembangan, akuisisi, pengolahan, penyimpanan bahan pustaka dan arsip.
8. Pelaksanaan koordinasi dan kerja sama dengan instansi dana terkait atau lembaga terkait lainnya di bidang program pembinaan, pengembangan, akuisisi, pengolahan, penyimpanan bahan pustaka dan arsip.
9. Pelaksanaan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya.

PERPUSTAKAAN KELILING
STORY TELLING
LOMBA BERCERITA
LAYANAN PERPUSTAKAAN

VISI

Visi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Tamiang adalah “Tersedianya Perpustakaan dan Arsip sebagai Sumber Informasi dan Sarana Pembangunan Sumber Daya yang Produktif”.

MISI

Untuk mewujudkan visi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Tamiang menetapkan misi sebagai berikut:
1.    Memberikan pelayanan informasi kepustakaan dan kearsipan kepada masyarakat dan instansi terkait.
2.    Memberikan pelayanan teknis perpustakaan keliling pada sekolah-sekolah dan masyarakat.
3.    Meningkatkan peran perpustakaan sebagai sarana pembangunan sumber daya manusia dan masyarakat.